Monday, December 12, 2011

Akademi Sepakbola Hadir di Padang

Padang, Padek—Kota Padang dipilih PSSI Pusat sebagai salah satu kota tempat didirikannya akademi sepakbola. Dengan adanya keputusan ini, diharapkan membawa dampak positif bagi pembinaan pembinaan pemain muda di Sumbar. Selain Padang, ada lima kota lain yang mendapat kepercayaan. Yaitu, Makasar, Malang, Bandung, Balikpapan, dan Manokwari.

Komite Eksekutif (exco) PSSI Pusat memberi kesempatan pada Padang setelah mempertimbangkan beberapa faktor, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) Sumbar, baik pelatih maupun pemain berbakat. Selain itu mereka juga mempertimbangkan, lapangan dan penginapan pemain.

Pelatih Timnas U-16 Indra Syafri mengatakan, Kota Padang didukung oleh berbagai fasilitas yang menjadi pendukung terpenting dalam berdirinya sebuah akademi sepakbola. ”Selain  faktor venue, di Kota  Padang juga  terdapat akademisi  yaitu, kampus UNP, Fakultas Ilmu Keolahrgaan yang  nantinya dapat bersinergi dengan PSSI Sumbar dalam pengembangan akademi sepakbola  ini,” ujarnya kepada Padang Ekspres, di sela-sela penutupan coahing clinik pelatih di Kampus II UNP Lubuk Buaya Padang, kemarin (11/12).    
  
Ketua Umum PSSI Sumbar Armyn An optimistis Padang mampu mempersiapkan diri dan mewujudkan adanya akademi di ibukota Sumbar ini. “Kita siap, karena didukung prasarana menunjang, selain itu kita memiliki banyak pelatih yang berlisensi A yang dapat membantu untuk mengembangkan dalam hal ini secara teknis pembinaan usia muda,” tuturnya.     
 
Coaching Clinik
Sementara itu 30 peserta coaching clinik pelatih sepakbola berlisensi  mengaplikasian ilmunya kepada 100 siswa sekolah sepakbola (SSB) se- Kota Padang, di lapangan UNP II Lubukbuaya Padang kemarin (10/12). Kegiatan yang digagas Pengprov PSSI Sumbar berkerjasama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP sebagai peningkatan ilmu kepelatihan yang dimiliki pelatih di Sumbar.    

Kegiatan ini mengadirkan  istruktur berlabel nasional seperti Bob Hippy , Pelatih Timnas  U-16 Indra Syafri serta instruktur dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Albertus Dominggus Cornelis Pentury.

Menurut Indra Syafri, dari empat Kota sebelumnya; Jambi, Medan, Lampung, Bengkulu, Padang merupakan yang terbaik dari segi pengorganisasian kepanitiaan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...