Sunday, April 15, 2012

Maman besut timnas U-14

BANDA ACEH - Asisten Pelatih Persiraja Banda Aceh, Maman Suryaman, dipastikan melatih Timnas Indonesia  U-14. Maman bersama Lestiadi akan mempersiapkan tim Garuda Muda untuk berlaga di Piala AFC U-14 di Malaysia.


Ketika dikonfirmasi, Jumat, Maman membenarkan hal tersebut. "Memang sejak dulu saya sudah serius dalam pembinaan usai dini," katanya seusai latihan rutin timnya di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh.

Penunjukkan Maman sebagai pelatih Timnas U-14 tentu tak mengagetkan. Pasalnya, mantan pelatih Persikabo itu sudah 15 tahun membina Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas Patriot Bekasi. Jebolan Tunas Patriot banyak beredar di kancah sepakbola nasional.

Mantan pemain timnas era tahun 80-an ini mengaku bangga membina pemain muda. Terlebih setelah sejumlah pemain binaannya mampu mentas di kancah sepakbola nasional di antaranya, Munadi yang kini membela Persib Bandung.

Juga ada M Fadli Habibi Maulana dan Ary Resqy Hakim  yang lolos seleksi tingkat Provinsi Milan Junior Camp 2011 lalu. "Untuk tugas tersebut, mungkin saya akan minta dispensasi ke manajemen," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Operasional Timnas, Ferry Kodrat, seperti dikutip sejumlah media online menyebut  pihaknya sudah menunjuk pelatih timnas dari berbagai kelompok umur.  Pembentukan tim dari berbagai usia itu tak lain janji PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin.

Kata dia, otoritas tertinggi sepakbola Indonesia ini telah mematok program-program persiapan pasukan yang akan diterjunkan di event-event mendatang. Timnas U-23 dilatih duet Aji Santoso dan Widodo C Putro untuk mempersiapkan SEA Games 2013.

Selain Timnas U-23, PSSI juga mempersiapkan timnas kelompok umur lainnya untuk bisa bertarung di ajang Piala Dunia U-17 dan Piala Dunia U-20 tahun 2015 mendatang. Dalam rangka persiapan tersebut, Timnas U-14 dan U-17 menjalani serangkaian pemusatan pelatihan dan terjun dalam beberapa event.

“Timnas U-14 yang dilatih Liestiadi dan Maman Suryaman, akan diterjunkan di ajang AFC U-14 Festival di Kinabalu, Malaysia, pada 30 Mei sampai 3 Juni mendatang. Mereka ini yang akan ditargetkan lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2015,” kata Ferry.

“Sedangkan Timnas U-17 yang dilatih Indra Syafrie, akan dipersiapkan untuk memenuhi target lolos di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2015 mendatang,” tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...