Monday, September 17, 2012

Serunya Persaingan Sekolah Sepak Bola (SSB) di Tangerang



Menjamurnya Sekolah Sepak Bola (SSB) di wilayah Tangerang ternyata menjadi harapan generasi muda pesebak bola Indonesia. Tidak main-main, mulai dari mantan pemain Persikota yang menjadi pemilik SSB hingga mendatangkan pelatih asing ke Tangerang, menjadi cara mereka mencetak bibit unggulan timnas kelak.

Lapangan bola elit di kawasan Imperial Golf Lippo Karawaci dipenuhi ratusan anak dari usia 4 hingga 17 tahun. Walaupun lapangannya tidak sehijau hamparan padang golf yang mengelilinginya, tidak membuat anak-anak tersebut terganggu untuk menendang bola sesuai arahan para coach asing idola mereka.
“Coach-nya keren dari Argentina, ngomongnya saja enggak bisa bahasa kita. Aku yakin banget pasti mainnya keren,” ujar Revaldo, salah seorang anak yang menjadi uji gratis salah satu SSB asal Argentina yang membuka cabangnya di kawasan Karawaci Kabupaten Tangerang.
Kekaguman bocah berumur lima tahun itu sangatlah beralasan, dikatakan Ida Ayu Tini Indriani, Operation Boca Juniors Football Schools Indonesia, head coach Daniel Ruiz berasal dari Pelatih Boca Juniors langsung dari Argentina.
“Ketiga lainnya, seperti Samuel Garcia pelatih dari Perancis, Eladio Antonio dari matan timnas Chile, dan Ebang Parfait pemain asing Liga Indonesia asal Gabon,” jelas wanita cantik yang biasa disapa Indri itu.
Untuk membayar dilatih orang asing, ternyata SSB yang pernah mencetak pesebak bola legendaris Maradona itu, siswa harus membayar Rp1,5 juta untuk biaya pendaftaran. Sedangkan perbulan untuk empat kali latihan siswa harus membayar Rp 500 ribu dan Rp 750 ribu untuk 8 kali pertemuan.
“Nanti kalau permainan mereka bagus menurut pelatih, mereka akan kita kirim ke timnas ataupun ke Argentina,” tegas Indri.
Di Asia Tenggara sendiri, SSB yang sudah berusia ratusan tahun di negeri asalnya itu hanya membuka cabangnya di Indonesia. “Ya, jika di Asia Tenggara, Indonesia menjadi perwakilan Boca Juniors,” lanjut Indri.
Jika budget pas-pasan tapi masih mempunyai impian mencetak buah hati seperti Bambang Pamungkas, di Tangerang masih kaya dengan SSB yang profesional dengan harga miring. Seperti Salfas Soccer misalnya, dengan iuran Rp 50 ribu perbulannya, dijelaskan Muhsholeh salah seorang pengurus SSB tersebut, bisa dilatih oleh mantan pesepak bola Persikota, Irwan Salam.
“Beliau pemilik sekaligus pelatih di Salfas Soccer, dia yang mengantarkan kami ke berbagai kejuaran sepakbola se Tangerang, Banten, maupun Nasional,” ujar pria yang kerap disapa Sholeh itu.
Bahkan, beberapa anak yang dinilai pelatih bermain sangat baik dan diatas rata-rata anak lainnya, bisa mengikuti test U-12 atau U-14 timnas Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...